Tidur di Ruangan Terang Bisa Mempengaruhi Lingkar Pinggang?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Cancer Research London, menyebutkan bahwa wanita dengan kebiasaan tidur di ruangan terang akan lebih gemuk atau memiliki lingkar pinggang lebih besar ketimbang yang terbiasa tidur dalam keadaan gelap. Jadi jika anda merasa memiliki lingkar pinggang yang besar maka kemungkinan besar anda memiliki kebiasaan tidur dengan lampu yang menyala atau tidur di ruangan yang terang.

Tidur di Ruangan Terang Bisa Mempengaruhi Lingkar Pinggang?
Tidur di Ruangan Terang Bisa Mempengaruhi Lingkar Pinggang?


Institute of Cancer Research London melakukan sebuah pengamatan yang dilakukan terhadap 113.00 orang wanita dengan kebiasaan tidur yang dimiliki oleh para wanita tersebut. Semua wanita itu diberikan pilihan pemilihan cahaya yang biasanya mereka gunakan untuk tidur. Pilihannya adalah :

  1. Tidur dengan cahaya kamar yang ringan namun masih bisa digunakan untuk membaca
  2. Tidur dengan cahaya kamar tidak terlalu terang namun masih bisa melihat (remang-remang)
  3. Tidur dengan cahaya minim sampai gelap total


Dari hasil penelitian dan juga pilihan yang diberikan itu menunjukan rasio pinggang dan pinggulnya juga index masa tubunya, maka hasilnya adalah ukuran dan massa tubuh wanita yang sering tidur dengan kondisi nomor satu memiliki  lingkar pinggang yang lebih besar ketimbang wanita yang memilih opsi ke dua maupun ketiga.

Namun yang menjadi permasalahan adalah peneliti masih belum dapat mengungkapkan penyebab dari ha tersebut sehingga masih membutuhkan waktu lebih banyak untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam. Apakah benar berat tubuh dan lingkar pinggang yang lebih besar itu berhubungan dengan pencahayaan ruangan atau mungkin ada sebab lainnya. Walaupun begitu tidur di ruangan yang gelap tetap lebih nyenyak dan juga lebih nyaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidur di Ruangan Terang Bisa Mempengaruhi Lingkar Pinggang?"

Posting Komentar