Langkah Mudah Mengelola Gaji dengan Bijak

Langkah Mudah Mengelola Gaji dengan Bijak - Sebanyak dan sebesar apapun penghasilan kamu, namun jika tidak diatur dan juga dikelola dengan baik, maka hal tersebut dapat membuat yang namanya besar pasak dari pada tiang atau pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan. Untuk itulah mengapa mengatur dan juga mengelola keuangan sangatleh penting. Jangan sampai gaji yang didapatkan setiap bulan tidak dapat mencukupi kebuhutan. Sebelum anda melakukan pengeluaran rutin anda setiap bulan, maka anda harus mendahulukan terlebih dahulu minimal 10% untuk investasi sehingga kamu bisa mempersiapkan perencanaan keuangan yang baik. Walaupun tersebut dapat dikatakan sulit karena harus mengatur investasi sekaligus pengeluaran perbulan. Padahal keduanya sangat penting untuk tabungan masa depan dan juga aktivitas harian. Nah untuk itulah berikut ini ada cara mudah mengatur dan mengelola gaji atau keuangan anda dengan baik.

Langkah Mudah Mengelola Gaji dengan Bijak
Langkah Mudah Mengelola Gaji dengan Bijak

Bagi pengeluaran anda sesuai dengan kebutuhan
Jika sudah saatnya gajian, maka hal ini artinya kamu saudah harus mengatur pengeluaran sesuai dengan kebutuhan. Pengeluaran sendiri bisa dibagi lagi menjadi beberapa kategori seperti pengeluaran harian, cicilan bulanan, pengeluaran untuk hiburan dan juga investasi. Tentunya pembagian ini bertujuan agar kamu bisa merencanakan keuangan kamu sejak awal.

Membuat komitmen
Tentunya setelah kamu melakukan pembagian atau pengelmopokan pada gaji kamu, langkah selanjutnya adalah kamu harus membuat komitmen untuk menabung. Dalam sebulan kamu bisa mengalokasikan 10% pengeluaran kamu untuk kebutuhan investasi masa depan. Tentonya pengalokasian dana untuk investasi sangatlah penting agar kamu bisa menabung secara rutin dengan jumlah uang yang sudah ditetapkan.

Memisahkan rekening tabungan
Tentunya kamu bisa membuat lebih dari satu tabungan yang bertujuan untuk memisahkan dana yang untuk ditabung dan juga dana yang untuk digunakan sebagai pengeluaran harian. Dengan melakukan pemisahan tabungan tersebut dana yang digunakan untuk menabung akan aman karena terpisah dengan dana yang akan dikeluarkan untuk keperluar harian.

Buat anggaran tak terduga
Hal ini juga cukup penting mengingat kita tau apa yang akan terjadi ke depannya. Dan juga dengan adanya dana anggaran yang tidak terduga tersebut tidak akan merusak segala planing keuangan anda. Anggaran tidak terduga ini bisanya untuk berobat jika tiba-tiba sakit, atau kendaraan yang tiba-tiba rusak dan sebagainya.

Intinya adalah dengan mengatur dan mengelola keuangan dapat membuat keuangan menjadi terkontrol sehingga tidak mengakibatkan pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Mudah Mengelola Gaji dengan Bijak"

Posting Komentar