Alasan Mengapa Tulisan Dokter Susah Dipahami

Alasan Mengapa Tulisan Dokter Susah Dipahami - Pastinya saat kita berobat ke dokter kita akan diberikan resep setelah sebelumnya kita diperiksa terlebih dahulu. Yang unik dari tulisan resep semua dokter adalah tulisan yang tertera tersebut susah sekali untuk dibaca. Tulisan resep itu seperti coretan-coretan tidak jelas yang mirip tulisan anak yang baru belajar untuk menulis.

Alasan Mengapa Tulisan Dokter Susah Dipahami
Alasan Mengapa Tulisan Dokter Susah Dipahami

Akan tetapi tulisan tersebut ternyata merupakan kode rahasia setiap resep dokter. Dokter memang sengaja menjaga kerahasiaan resep yang ditulisnya tersebut agar si pasien tidak dengan mudah dapat menggunakan resep tersebut. Karena setiap resep yang diberikan pastinya sudah melalui tahap diagnosis terlebih dahulu terhadap penyakit yang di derita oleh pasien tersebut.

Dalam resep dokter juga biasanya ada singkatan-singkatan yang merujuk pada istial ilmiah tertentu. Misalnya saja a.c,b.d, dan b.i.n singkatan a.c merupakan kependekan dari ante coenam (sebelum makan) atau p.c yang artinya post coenam (setelah makan) dan masih banyak lainnya. Sebetulnya jeleknya tulisan resep dokter memang memiliki tujuan seperti :

Agar pasien tidak mudah memahami isi resep
Jika resep obat yang dituliskan oleh dokter mudah dibaca dan dipahami oleh pasien, maka ada kemungkinan jika pasien mengalami gejala penyakit yang sama dia akan membeli obat yang sama seperti yang ada di resep dokter tersebut tanpa harus pergi ke dokter lagi. Padahal hal tersebut bisa sangat membahayakan.

Menghindari salah persepsi
Pasien juga bisa melakukan salah persepsi jika memahami tulisan tersebut. Itulah alasan mengapa tulisan dokter pada resep obat sangat susah untuk dibaca dan inilah rahasia kode pada resep dokter yang memang memiliki tujuan untuk melindungi kerahasiaan resep obat agar tidak disalahgunakan oleh pasien. 

Jadi sudah tau kan mengapa tulisan dokter pada resep sangat jelek dan tidak bisa dibaca. Ternyata tulisan tersebut merupakan sebuah enkripsi hehe.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Alasan Mengapa Tulisan Dokter Susah Dipahami"

  1. kalo itu alasannya rasanya nggak tepat...tanpa perlu membaca resep toh rata2 obat yg di resepkan dibungkus dan ada merknya jadi nggak harus mengetahui melalui resep

    BalasHapus
  2. selama ini sebelum minum saya tanya dulu sama paman Google utk apa obat itu, tapi kalau ngak bermerek yu ngak bisa nanya, tujuan lain khawatir asisten apotiker salah kasi obat, krn salah baca resep, kan bahaya

    BalasHapus