6 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Paling Tinggi

6 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Paling Tinggi  - Teruntuk anda yang mungkin berpikir akan pergi meranatu meninggalkan kota asal anda, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal yang ada di kota tujuan anda tersebut seperti biaya hidup. Karena biaya hidup dapat dijadikan sebuah patokan untuk anda mengukur berapa banyak biaya yang harus anda keluarkan perbulan jika anda hidup di kota tujuan tersebut. Nah untuk seberapa besar biaya hidup tersebut, kita bisa menggunakan data yang dapat diperoleh dari BPS (Badan Pusat Statistik). BPS sendiri merupakan lembaga pemerintah Non Kementrian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Untuk melihat besarnya sebuah biaya hidup di sebuah kota kita dapat melihat survei biaya hidup (SBH) yang dilakukan 5 tahun sekali. Dan IHK ini nantinya yang akan menentukan besaran Indeks Harga Konsumen. Lalu mana saja kota di Indonesia yang memiliki biaya hidup tertinggi berdasarkan SBH terakhir (tahun 2012).

Jakarta
Jakarta sepertinya sudah menjadi rahasia umum memiliki biaya hidup tertinggi di Indonesia. Sebagai ibutkota negara, Jakarta memiliki IHK sebesar Rp 7.500.726


Jayapura
Yang menduduki posisi ke dua adalah kota yang berasal dari timur Indonesia. Jayapura yang merupakan ibu kota porvinsi Papua ini menempati kota ke dua setelah Jakarta dengan IHK sebesar Rp 6.939.057

Ternate
Masih berada di wilayah timur, kota ketiga dengan biaya hidup termahal adalah kota ternate. Kota yang merupakan ibu kota provinsi Maluku Utara tersebut memiliki IHK sebesar Rp 6.427.357.

Depok
Depok berada di posisi ke empat sebagai kota dengan biaya hidup termahal. Kota yang terletak tidak jauh dari Ibukota Jakarta ini memiliki IHK sebesar Rp. 6.330.690.


Batam
Kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau ini menempati urutan ke lima. Kota yang juga bersebelahan dengan negara singapura ini memiliki IHK sebesar Rp 6.307.136 yang hanya memiliki selisih yang sedikit dengan kota depok.

Manokwari
Kembali lagi ke wilayah Indonesia bagian timur yaitu kota manokwai. Kota yang berada pada wilayah papua barat tersebut juga terkenal memiliki pemandangan yang bagus. Manokwari memiliki IHK sebesar Rp 6.269.296 perbulan.

Nah itu dia daftar kota di Indonesia dengan biaya hidup yang tinggi. Tentunya inikator di atas memiliki sifat yang umum dengan nilai konsumsi rumah tangga berjumlah 4 jiwa. Survei di atas bisa di jadikan patokan tapi seberapa besar kebutuhan biaya hidup ini juga tergantung dari pola dan gaya hidup anda. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Paling Tinggi "

Posting Komentar