Tips Sederhana Mengatasi Jet Lag

Bagi anda yang sering bepergian jauh pastinya sering mengalami yang namanya jet lag. Selain itu juga karena Indonesia memiliki 3 waktu yang berbeda tentunya jet lag sering sekali dialami mereka yang bepergian antar pulau yang berbeda zona waktu. Biasanya, saat mengalami jet lag tubuh akan menyesuaikan diri dengan perbedaan zona waktu yang artinya juga perbedaan jam biologis. Nah agar perjalanan jauh anda tidak terkendala oleh jet lag, kali ini ada beberapa tips mengatasi jet lag :

Tips Mengatasi Jet Lag
Tips Mengatasi Jet Lag

Hindari mengkonsumsi alkohol
Alkohol akan membuat jet lag yang anda rasakan semakin parah. Alkohol akan membuat tubuh menjadi lebih sulit menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca, waktu dan juga berbagai hal. Jadi usahakan banyak mengkonsumsi air putih.

Menyesuaikan diri sebelum berangkat
Sebelum anda pergi ke wilayah zona waktu yang berbeda, usahakan untuk menyesuaikan diri anda sejak awal. Misalnya saja dengan mengubah jam atau dengan menyesuaikan waktu tidur dan waktu makan mendekati tujuan anda. Dengan begitu maka tubuh anda tidak akan terlalu merasa kaget dengan perbedaan waktu yang terjadi.

Menjauhi cahaya
Cara merekayasa ritme alami jam biologis tubuh anda bisa dengan cara menghindari cahaya disaat anda seharusnya tidur pada saat anda berada di tempat tujuan. Atau tidak dengan berusaha bangun pada saat anda sudah di tempat tujuan. Misalnya anda berada di zona Waktu WIT yang lebih cepat 2 jam dari WIB, jadi anda yang bisanya bangun jam 6 pagi waktu WIT bisa mencoba bangun jam 5 atau jam 4 agar pada saat nanti sudah berada di zona waktu WIB tubuh anda bisa terbiasa.

Mengatur Jam
Salah satu cara sederhana untuk mengatasi jet lag adalah dengan mengubah posisi jarum jam. Ubahlah jam yang anda gunakan sebelum anda melakukan perjalanan dan juga siapkan segala sesuatu keperluan yang sekiranya dubutuhkan disana.

Duduk di kursi tengah
Ternyata dengan menghindari duduk di dekat jendela pesawat dapat membantu anda agar terhindar dari jet lag. Anda bisa menggunakan waktu di pesawat untuk membaca atau melakukan hal ringan lainnya.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Sederhana Mengatasi Jet Lag"