Pengertian Pola Hidup Sehat

Akhir-akhir ini sepertinya orang-orang sudah mulai memahami pentingnya pola hidup sehat. Hal ini dapat dilihat maraknya car free day yang diselenggarakan setiap minggu di berbagai kota-kota besar. Setidaknya hal tersebut menunjukkan bahwa orang mulai sadar akan pentingnya berolahraga dan juga bebas dari asap kendaraan. Tentunya kesemuanya itu sangat berhubungan erat dari pengertian umum dari pola hidup sehat itu sendiri yaitu upaya setiap orang yang ingin selalu hidup sehat dengan memperhatikan gaya hidup agar dapat terhindar dari bahaya berbagai macam penyakit. Untuk itulah mengapa pola hidup sehat sangat penting.

Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Ahli

Menurut Kotler: Pola hidup sehat merupakan gambaran dari aktivitas/kegiatan yang didukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan. Tentunya terhadap hal-hal baik.

Menurut Wikipedia : Keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang mana memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan juga ekonomis. Pemeliharaan kesehatan merupakan upaya penanggulangan dan juga pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan atau bahkan termasuk perawatan kemhamilan dan persalinan.

pengertian pola hidup sehat
Pola Hidup Sehat


Hal-Hal yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat
Pola Makanan Sehat
Salah satu hal yang dapat mempengaruhi pola hidup seseorang adalah yang pertama pola makan. Pola makan ini termasuk sangat penting, karena banyak sekali orang yang tidak memperhatikan pola makannya. Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak. Hindari juga makanan yang banyak mengandung bahan pengawet yang mana dalam jangka yang panjang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu kebutuhan akan air tubuh haruslah terpenuhi dengan mengkonsumsi minimal 8 gelas air perharinya. Dan ditambah lagi dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan yang masih segar untuk mendapatkan serat yang tentunya baik untuk tubuh.

Pola Olahraga yang Teratur
Hal kedua yang mempengaruhi pola makan adalah olahraga secara rutin dan juga teratur. Hal ini akan membuat tubuh akan terasa semakin bugar. Selain itu juga berolahraga memiliki banyak manfaatnya, seperti memperlancar aliran darah dan juga regenerasi sel-sel yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh akan terlihat tampak segar dan juga bugar.

Pola Istirahat yang cukup
Tentunya tubuh juga sangat menginginkan istirahat, bahkan mesin saja juga membutuhkan istirahat apalagi tubuh kita. Tubuh kita memerlukan istirahat minimal 7 jam dalam sehari agar tubuh dapat memperbarui ata meregenerasi sel-sel yang sudah rusak sehingga saat kita sudah selesai beristirahat maka tubuh kita sudah siap untuk beraktifitas kembali. Apalagi kita melakukan istirahat yang berkualitas yang mana juga mampu untuk menambah sistem kekebalan dalam tubuh.

 Ciri-Ciri Orang dengan Pola Hidup Sehat

  • Kondisi Tubuh Fit dan Segar
  • Daya Tahan Tubuh Baik dan Bagus
  • Tidak Cepat Lelah
  • Berat Badan dan Tinggi Badan Tubuh Ideal
  • Bulu/Rambut dan Kuku Tumbuh dengan Normal
  • Fungsi Organ Tubuh Bekerja Dengan Normal
  • Produktifitas Bekerja dengan Normal
  • Tidak ada Gangguan atau Penyakit di dalam Tubuh
  • Dapat Menjalankan Aktifitas dengan Baik dan Normal

Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat
Penting untuk menlankan dan mempraktekan pola hidup sehat, untuk itu berikut ada beberapa tips menjalankan pola hidup sehat :
  1. Aturlah pola makan anda dengan baik, artinya jangan sembarangan dan juga jangan berlebihan dalam mengkonsumsi sebuah makanan. Hal ini dapat disebut self control
  2. Berolahraga dengan teratur, maksudnya disini adalah olahraga tentunya sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu juga dapat bermanfaat sebagi pembakar lemak dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.
  3. Jangan terlalu lama memikirkan sebuah masalah apalagi hingga berlarut-larut. Yang harus dilakukan adalah segera menyelesaikan masalah dengan perlahan dan juga dengan pemikiran yang matang. Intinya harus tetap bersyukur dengan apa yang kita miliki dan harus senantiasa bahagia dalam menjalani hidup.
  4. Makanlah makanan yang bergizi seperti yang ada dalam selogan 4 sehat 5 sempurna.
  5. Istirahatlah yang cukup karena istirahat sangat berguna untuk merefleksikan pikiran anda dari segala aktivitas yang ada. Untuk itu pastikan anda memiliki waktu istirahat atau refresing bersama teman-teman anda.
  6. Selalu berfikir positif terhadap apapun yang ada
  7. Menjaga kebersihan diri karena itu sangat penting agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit dan juga kan ada pepatah yang mengatakan kalau "kebersihan adalah sebagian dari iman".
  8. Berdoa dan selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa. Karena bagimanapun sehat dan skitnya kita juga tidak lepas dari andil sang pencipta.

Itu adalah beberapa pengertian pola hidup sehat, dan juga beberapa tips dalam menjalankan pola hidup sehat. Pola hidup sehat sangat penting untuk kita terapkan mulai dari sekarang karena dengan memiliki pola hidup sehat maka otomatis hidup kita akan semakin sehat juga tentunya. 







Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Pengertian Pola Hidup Sehat"

  1. terimakasih banyak nih sob, sangat menarik sekali artikelnya..

    BalasHapus
  2. makasih mas infonya.. membantu sekali artikelnya

    Vimax Asli

    BalasHapus