Danau Yueyaquan : Danau Indah di Tengah Padang Pasir

Danau Yueyaquan : Danau Indah di Tengah Padang Pasir - Padang pasir sangat identik dengan panas dan juga dengan pasirnya yang terhampar seperti lautan pasir. Namun ada yang berbeda dengan sebuah pemandangan di gurun Gobi yang tepatnya masuk pada daerah Dunhuang, Provinsi Gansu China bagian barat, pasalnya pada gurun tersebut terdapat sebuah danau yang unik yang hadir di tengah-tengah padang pasir.

Danau yang dikenal dengan nama danau Yueyaquan ini ternyata sudah ada sejak 2000 tahun yaitu pada masa dinasti Han. Pada masa tersebut danau ini sering dijadikan tempat singgah atau peristirahatan para pengembara yang kehausan karena lokasinya sendiri merupakan rute sutra dan pusat perdagangan antara Cina dan Barat. Danau ini memiliki panjang 218 m dan lebar 58 m.

Yang membuat danau ini unik adalah selain terletak di tengah- tengah gurun pasir, bentuk danau ini juga terbilang unik karena bentuknya seperti bulan sabit sehingga banyak yang menjulukinya sebgaia danau bulan sabit atau Moon Lake. Meskipun terletak di tengah- tengah gurun pasir danau ini ditumbuhi dan dikelilingi oleh rerumputan hijau dan pepohonan rimbut sehingga membuat danau ini tampat bukan seperti terletak di tengah-tengah gurun pasir. 

Danau ini juga menyimpan peninggalan yang bernilai sejarah karena terdapat sebuah bangunan di sekitar danau Yueyaquan yang merupakan peninggalan zaman kerajaan dahulu. Ada beberapa ruangan yang terdapat pada bangunan tersebut diantaranya : God of Medicine Cave, Scripture Hall, Empress Palace, Boddhisattwa Palace dan masih banyak lagi. Danau dengan kedalaman rata-rata 4-5 meter ini tidak pernah sekalipun mengalami kekeringan.

Danau ini pernah sekali mengalami penurunan debit air yang cukup signifikan yaitu pada tahun 1999, dimana kedlaman danau bulan sabit ini menyusut hingga tersisa sekitar 1 meter saja. Namun setelah pemerintah setempat melakukan perbaikan dan juga pelestarian di kwasan danau tersebut maka hingga sekarang ini danau ini tidak pernah lagi mengalami kekeringan. Flora dan fauna di danau ini juga tergolong langka dan kabarnya jika kita mengkonsumsi flora dan fauna yang ada di danau tersebut maka kita bisa panjang umur. Nah penasaran dengan danau yang satu ini? berikut gambar-gambarnya:











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danau Yueyaquan : Danau Indah di Tengah Padang Pasir"

Posting Komentar